Rabu, 15 Juni 2011

Ajaib, Keris di Tebingtinggi Ini Bisa Berdiri


Keris milik Omansyah
(28) memiliki keajaiban, yaitu bisa berdiri.
Tidak hanya itu, keris yang diberi nama
"Santan Lanang Betino" itu juga diyakini
memiliki kekuatan gaib.
Omansyah, mengatakan bahwa keris
tersebut didapatnya dari uwaknya (saudara
tua dari orangtuanya) yang bernama Madasin
sekitar lima tahun lalu.
Namun, ia tidak mengetahui dengan jelas dari
mana uwaknya mendapatkan keris yang
memiliki 7 liku dengan panjang 30 cm itu.
Menurut sejarah, keris tersebut adalah keris
peninggalan zaman Sriwijaya yang saat itu
dipegang oleh pesirah.
"Saya tidak tahu bagaimana uwak
mendapatkan keris tersebut karena uwak
tidak mau menceritakannya. Saat itu saya
diminta untuk merawatnya, sekitar 5 tahun
silam. Saya pun tidak menolak, bahkan
sebagai syaratnya saya harus membayar
mahar Rp 175 ribu pada saat itu," ungkapnya
sembari memperagakan menegakkan keris
tersebut.
Menurut Omansyah, keris tersebut
mempunyai kekuatan gaib, yakni bisa
meredam emosi. Bila ada orang saling
bersitegang, dan juga binatang buas termasuk
hewan gunung akan berlari bila sedang
memegang keris itu.
"Banyak khasiat lainya lagi karena keris
tersebut dijaga oleh Puyang Rajo Nyawo dan
Dinding Nyawo. Banyak khasiat yang sudah
saya rasakan. Salah satunya mendamaikan
orang yang akan bertikai," ujar Omansyah.
Ia menambahkan, kedua puyang yang
menjaga keris tersebut adalah ibu dan anak
perempuannya. Oleh karena itulah namanya
Santan Lanang Betino.
"Keris ini semestinya sepasang. Hanya saja
saya tidak tahu di mana pasangannya itu,"
katanya.

Sumber : Sriwijaya Post

0 komentar:

Posting Komentar